Arek Malang Wajib Tahu, Ini Makna Logo Ulang Tahun Kota Malang Ke-108

Malang (Nanyak.com) – Hari Jumat ini, tertanggal 1 April 2022, Kota Malang merayakan hari jadinya yang ke-108.

Ada yang menarik di hari ulang tahun ke-108 Kota Malang ini, yakni penggunaan logo ulang tahun yang warna-warni dengan dominasi warna hijau dan biru serta perpaduan warna kuning, orange dan merah.

Logo HUT ke-108 Kota Malang ini menggambarkan seekor singa yang didominasi warna hijau dan kuning berdiri dengna penuh semangat, sementara di depannya ada seekor burung yang berwarna orange dan merah yang terlihat mengepakkan sayap dengan ceria.

Pemkot Malang sendiri memberikan tagline “Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama” pada logo HUT ke-108 tahun Kota Malang ini.

Makna dan arti Logo HUT ke-108 tahun Kota Malang
Logo HUT ke-108 tahun Kota Malang

Lalu apa sih arti dan makna dari logo HUT ke-108 tahun Kota Malang ini?

Seperti yang Nanyak sampaikan sebelumnya, logo HUT Kota Malang ke-108 tahun ini didominasi oleh warna hijau dan biru.
Yuk, kita simak maknanya satu persatu.

Warna biru yang digunakan pada angka 108 adalah melambangkan warna kesejukan, layaknya udara kota Malang yang terkenal sejuk. Warna biru sendiri merupakan warna kebanggaan arek-arek Malang (Arema).

Masih pada angka, terlihat corak kelopak bunga. Ini bermakna jika kota Malang adalah kota bunga dan melambangkan mekarnya sosial ekonomi dalam menghadapi pandemi.

Gambar maskot singa juga memiliki makna sendiri. Gestur maskot singa yang diberi nama Osi-Ji bermakna sebagai sinergi antar elemen masyarakat yang penuh dengan semangat.

Dominasi warna hijau pada logo yang digunakan di maskot dan tulisan Kota Malang memiliki makna sebagai warna yang menjadi lambang pemerintahan Kota Malang.

Sementara itu untuk tagline Kolaborasi, Akselerasi dan Bangkit Bersama memiliki makna sebagai berikut:

  1. Kolaborasi artinya kota Malang mengusung semangat kolaborasi berbagai elemen pemerintahan dan masyarakat dalam memaduserasikan sumber daya dan talenta untuk satu tujuan dalam mengembangkan dan menjaga sejarah, budaya dan potensi Kota Malang yang diyakini bisa tumbuh menjadi kota terkemuka di kancah nasional bahkan dunia.
  2. Akselerasi artinya bahwa hasil dari kolaborasi akan menghasilkan energi yang bisa dipakai sebagai momentum percepatan pemulihan ekonomi dan pencapaian target-target pembangunan kota Malang.
  3. Bangkit Bersama artinya bahwa kolaborasi dan akselerasi akan menghasilkan karya berupa program, kegiatan, inisiatif dan inovasi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan yang bisa dirasakan oleh seluruh lapisan Kota Malang.

Nah, sebagai arek Malang, itulah arti, filosofi dan makna dari logo HUT ke-108 tahun Kota Malang.

Dirgahayu Kota Malang…