Arahkan Karier Yang Akan Dipilih Siswa, SMAK Kosayu Gelar Ekspo Karier

Topik:

MALANG – Dengan tujuan memberikan gambaran dan wawasan tentang berbagai profesi yang dapat dipilih menjadi karirnya kelak, SMAK Kosayu Malang kembali menggelar Ekspo Karier pagi ini, Sabtu (13/08/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini di tahun 2022 ada sedikit perubahan dalam pelaksanaannya seperti dominasi peserta yang mengikutinya hadir secara langsung di sekolah yang berada di kawasan Blimbing Kota Malang ini.

Ketua Umum Pelaksana Ekspo Karier 2022, Petrus Wisnu Wiyono Sakti menyampaikan rasa syukurnya karena Ekspo Karier tahun 2022 ini dapat dilaksanakan secara luring dan daring (hybrid), dimana SMAK Kosayu Malang merupakan satu-satunya sekolah yang melaksanakan Ekspo Karier tersebut.

Arahkan Karier Yang Akan Dipilih Siswa, SMAK Kosayu Gelar Ekspo Karier

“Beruntung kami akhirnya dapat kembali melaksanakan Ekspo Karier ini yang juga kami laksanakan di Bulan Agustus dimana biasanya kami laksanakan di bulan September. Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini perguruan tinggi juga mulai membuka proses penerimaan dan berbagai pemberian beasiswa dan lain sebagainya,” ungkap Wisnu.

Menurut Wisnu, Ekspo Karier tahun 2022 kali ini diikuti oleh seluruh siswa SMAK Kosayu mulai dari kelas X hingga kelas XII sebanyak 1.181 yang mengikuti secara luring dan daring.

“Puji Tuhan Ekspo Karier kali ini dapat kita laksanakan, jika biasanya September kita ajukan di bulan Agustus karena bulan ini juga ada Kurikulum Merdeka dimana siswa kelas X tidak ada penjurusan atau peminatan sehingga Ekspo Karier kali ini minimal ada 42 jurusan karier yang telah dipilih oleh para siswa,” ungkap Wisnu.

Wisnu juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada alumni SMAK Kosayu yang tergabung dalam PEKSY (Persaudaraan Eks Siswa- Siswi Kolese Santo Yusuf) yang turut berperan aktif dalam pelaksanaan Ekspo Karier SMAK Kosayu setiap tahunnya.

Arahkan Karier Yang Akan Dipilih Siswa, SMAK Kosayu Gelar Ekspo Karier

“Ada sekitar 125 orang anggota PEKSY yang aktif dalam kegiatan Ekspo Karier tahun 2022 ini, dimana lebih dari 60 orang mengkuti secara daring (virtual) dan 30 orang hadir langsung. Yang menikuti Ekspo karier ini secara virtual berasal dari berbagai wilayah di Indonesia termasuk dari luar negeri seperti Melbourne Australia dan lain sebagainya. Ekspo Karier ini sebagai awal ya karena tanggal 26 dan 27 Agustus 2022 nanti ada Ekspo Perguruan Tinggi di sini,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Humas SMAK Kosayu Malang ini.

Melalui pelaksanaan kegiatan Ekspo Karier tersebut, Wisnu menyampaikan siswa kelas X akan mulai berfikir tentang peminatan yang akan dipilihnya saat telah duduk di kelas XI, sementara siswa kelas XI merupakan persiapan selama satu tahun ini akan menentukan perguruan tinggi mana yang akan dipilih.

“Dan kelas XII ini yang sangat luar biasa penting karena beberapa saat ini akan menentukan pilihan perguruan tinggi sesuai peminatan dan kemampuan yang dimiliki para siswa. Ekspo Karier SMAK Kosayu Malang ini tentunya memiliki dampak (impact) langsung kepada para siswa, apalagi dari sekian banyak SMA ini SMAK Kosayu Malang merupakan satu-satunya yang melaksanakan karena biasanya hanya ada Ekspo Kampus saja,” ungkap Wisnu.

Ekspo Karier memberikan kesempatan bagi para alumni Kosayu (PEKSY) yang telah bekerja ataupun masih menempuh pendidikan untuk sharing pengalaman dan pengetahuan kepada para siswa SMAK Kosayu saat ini.

“Yang jelas sharing dari para alumni Kosayu yakni PEKSY ini cukup memberikan dampak kepada para siswa SMAK Kosayu yang mengikuti Ekspo Karier dan juga memberikan keyakinan bagi siswa kelas XI akan pilihan karier yang telah mereka pilih,” pungkas Petrus Wisnu Wiyono Sakti.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAK Kosayu Malang, Petrus Harjanto, M.Pd. menjelaskan jika Ekspo Karier SMAK Kosayu Malang tahun 2022 ini menghadirkan dua narasumber utama dengan dua profesi yang berbeda.

“Jadi dua narasumber utama kali ini adalah Arnol Panggabean alumni SMAK Kosayu yang lulus tahun 2010 dan kini berprofesi sebagai Pilot serta Sonia Anggun Sanjaya lulusan tahun 2012 yang berprofesi sebagai seorang chef,” ujar Petrus Harjanto.

Selain memberikan manfaat dalam hal memilih karier yang akan dipilihnya nanti, Kepala Sekolah SMAK Kosayu Malang menegaskan kegiatan Ekspo Karier dinilai memiliki nilai kemanfaatan yang besar dalam menjalin persaudaraan.

“Yang jelas acara ini sangat bermanfaat dalam hal jenjang karier ya, namun juga menumbuhkan rasa persaudaraan. hal ini disebabkan karena sejak awal kami disatukan dalam persaudaraan, sehingga alumni yang telah lulus lama di tengah kesibukan mereka tetap rela hati untuk kembali ke sekolah memberikan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam hal profesi yang digelutinya,” pungkas Petrus Harjanto. (Red)