Alamak, Game PUBG, Free Fire Dan Mobile Legends Dipertimbangkan Untuk Diblokir Kominfo

Photo of author
Penulis Nanyak

Para gamer pasti bersedih nih jika game PUBG, Free Fire dan Mobile Legends jadi diblokir oleh Kominfo.

Pasalnya tiga mobile game ini sudah sangat digandrungi oleh para pemain game di Indonesia.

Mencuatnya berita pemblokiran game PUBG, Free Fire dan Mobile Legends ini berawal dari permohonan pemblokiran ketiga game tersebut dari Bupati Mukomuko, Sapuan.

Seperti yang dilansir oleh Kontan.co.id, Bupati Mukomuko, Sapuan, melayangkan permintaan pemblokiran situs dan aplikasi game karena dinilai berdampak negatif bagi anak. Permintaan tersebut disampaikan Sapuan melalui surat kepada Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bustari Maller, mengatakan bahwa Bupati meminta Menkominfo untuk memblokir game seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legends, dan Higgs Domino.

Bustari mengatakan jika di sana anak-anak telah menjadi pecandu game online yang seharusnya kondisi tersebut bisa segera mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat.

Juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan jika pemblokiran game online ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan harus sesuai dengan perundang-undagan yang berlaku, sebab jika permintaan pemblokiran ini disetujui maka pemblokiran tidak hanya berlaku untuk satu wilayah tertentu saja tetapi akan berlaku secara nasional.

Game online memang sejak dari dulu menjadi momok bagi para orang tua.
Terlebih lagi saat ada pandemi Covid-19 anak-anak lebih banyak belajar daring dari rumah dan lebih banyak memegang hp. Tak sedikit anak-anak yang justru memanfaatkan hal ini untuk banyak bermain game online.

Terlebih lagi, hp saat ini juga sudah menjadi kebutuhan dalam belajar daring, anak-anak pun sejak kecil telah memegang hp dan kemudian mengenal game online.

Memang sebenarnya kontrol utama ada pada kemampuan orang tua dalam membatasi anak memegang hp dan bermain game online. Jika kontrol pengawasan ini gagal, dan terlebih jika orang tua acuh saja dengan kegiatan game online sang anak, maka bisa dipastikan anak akan menjadi pecandu game online dimanapun dia berada.

Jadi…. apakah kalian setuju jika game PUBG, Free Fire Dan Mobile Legends diblokir oleh Kominfo?