Ajak Ibu PKK, KKN-T Unira Bikin Keripik

KRANGGAN – Pelatihan Produksi Kripik Singkong KKN-T 2022 Universitas Islam Raden Rahmat Malang di desa Kranggan yang berkolaborasi dengan ibu-ibu TP-PKK berjalan lancar, Kamis (20/01/2022).

Pelatihan produksi kripik singkong ini diadakan pada kamis pagi hingga sore hari, diawali dengan sambutan-sambutan dari ketua kelompok KKN-T dan ibu ketua PKK, kegiatan pelatihan produksi kripik ini diselenggarakan di kediaman Bapak Adin SEKDES Kranggan.

Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya memanfaatkan alat-alat yang tidak terpakai di desa, agar dapat digunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin kegunaanya oleh masyarakat setempat, diadakanya Pelatihan Produksi Kripik ini guna untuk meningkatkan UMKM Desa Kranggan serta meningkatan kreatifitas masyarakat dibidang pangan, agar dapat mengolah sumber daya alam yang melimpah di desa, seperti singkong, talas, ubi yang selama ini hanya dijual belikan bahan pokoknya saja.

Ajak Ibu PKK, KKN-T Unira Bikin Keripik
Ajak Ibu PKK, KKN-T Unira Bikin Keripik

Dipelatihan ini mengajarkan tentang pengolahan kripik singkong dan pengemasannya. Pelatihan ini memakai sekitar 13 kg singkong yang akan diolah dengan alat-alat yang ada menjadi kripik singkong yang nantinya akan di uji cobakan ke masyarakat sekitar.

“Kami sangat berterimakasih dengan kegiatan pelatihan produksi kripik yang diselenggarakan adek-adek KKN ini, karena nantinya ibu-ibu disini bisa mengembangkan dan terus meningkatkan produksi di desa ini” ucap salah satu dari ibu-ibu PKK yang mengikuti kegiatan pelatihan produksi kripik singkong ini.

Ajak Ibu PKK, KKN-T Unira Bikin Keripik
Ajak Ibu PKK, KKN-T Unira Bikin Keripik

Harapan dari program pelatihan kripik singkong KKN-T Kelompok 9 Universitas Islam Raden Rahmat Malang ini dilakukan untuk menambah waktu produktif ibu-ibu PKK Desa Kranggan dan pada akhirnya dapat membuka jendela baru bagi masyarakat atas pemberdayaan sumber pangan di desa, dan pelatihan ini sangat sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa.