Pemkot Malang dan Perum Jasa Tirta 1 Sepakati Kerjasama WTP

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

MALANG – Keterjaminan layanan air minum bagi masyarakat Kota Malang bisa makin maksimal. Selain sudah disepakatinya perjanjian kerjasama (PKS) baru antara Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kabupaten Malang tentang pemanfaatan Sumberpitu dan Sumber Wendit, satu lagi kesepakatan menjadi kado manis menatap lembaran tahun baru.

Pemkot Malang akhirnya resmi menjalin kesepakatan bersama Perum Jasa Tirta 1 tentang penyediaan air bersih curah dan bidang usaha lainnya.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan di Kantor PJT 1 Malang oleh Walikota Malang Drs H Sutiaji dan Direktur Utama PJT 1 Dr. Ir. Raymond Valiant Ruritan, S.T., M.T, Sabtu (31/12/22).

Artinya, program Water Treatment Plant (WTP) yang digadang-gadang, sudah akan dimulai di tahun 2023.

Pemkot Malang dan Perum Jasa Tirta 1 Sepakati Kerjasama WTP
Pemkot Malang dan Perum Jasa Tirta 1 Sepakati Kerjasama WTP

“Awal Januari depan akan dilakukan penandatanganan PKS. Dengan segera start, maka Insyallah akhir Agustus 2023 program sudah bisa digunakan. Nanti secepatnya kami lakukan lelang. Targetnya sebelum September air sudah bisa diproduksi dan masuk sistem layanan Perumda Tugu Tirta,” ungkap Raymond.

WTP akan memanfaatkan air Sungai Bango dengan kapasitas 200 liter/detik (lps). Sungai Bango dipilih karena kualitas air bakunya dianggap lebih baik. Dengan demikian, proses penjernihan akan lebih mudah dan lebih murah daripada harus memanfaatkan air dari Sungai Brantas.

“Proses penjernihan menggunakan metode filtrasi dan dilakukan sesuai standar Permenkes. Tidak menutup kemungkinan ke depan bukan hanya memanfaatkan Sungai Bango, bisa Sungai Metro juga,” lanjut Raymond.

Sementara untuk sistem sewa lahan masih akan dimatangkan antara Pemkot Malang dan PJT 1. Ada satu lahan milik Pemkot di daerah Pandanwangi, Blimbing yang dibidik. Luasannya hampir 8 hektar, tapi untuk pembangunan fasilitas WTP kemungkinan hanya akan memakan 20% luasan lahan atau hanya 1,8 hektar. Sisanya masih bisa dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau.

Pemkot Malang dan Perum Jasa Tirta 1 Sepakati Kerjasama WTP
Pemkot Malang dan Perum Jasa Tirta 1 Sepakati Kerjasama WTP

Raymond menjelaskan, kerjasama ini akan bersifat investasi Build Operate Transfer (BOT) selama 20 tahun.

“Nantinya kita harapkan dari 200 lps bisa meningkat sampai 1.500 lps dalam lima tahun. Sehingga kemandirian air minum tercapai di Kota Malang. Masuknya 200 lps ke sistem layanan Perumda Tugu Tirta, paling tidak membuat layanan ke pelanggan bisa lebih stabil di tahun 2023,” terangnya.

Hal itu diamini Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas S.Pd, MSi.

“Saat ini kita sepakati 200 lps dulu, nanti baru bertahap bisa ke 300 lalu 500 lps. Tidak langsung. Plus minusnya sudah kita pertimbangan sesuai dengan kajian Tim Review WTP,” katanya.

Meski sudah memanfaatkan WTP, pihaknya memastikan akan tetap memaksimalkan layanan yang sudah ada dari sumber-sumber mata air dan reservoir yang tersebar sehingga ketersediaan suplai aman dan layanan optimal.

“Dengan jumlah pelanggan saat ini mencapai 175.000 sambungan rumah (SR), maka kapasitas iddle kita nantinya harus mencukupi. Jadi ini merupakan strategi back up, tanpa harus lepas dari air sumber yang selama ini kita manfaatkan. Jika layanan sudah stabil, maka kita bisa menyediakan layanan untuk lebih banyak SR atau pelanggan dan mendorong Pemkot untuk mengeluarkan regulasi baru terkait layanan air minum di Kota Malang,” tandas Muhlas.

Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang

  • Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle

    Tari Rangkuk Alu Jadi Google Doodle

    Tari Rangkuk Alu menjadi trending topik di hari Senin (29/4/2024) ini. Hal ini tak lain karena banyak yang penasaran mengenai Tari Rangkuk Alu yang jadi Google Doodle hari ini, seperti bertanya darimana asal permainan Rangkuk Alu, tujuan tarian Rangkuk Alu dan lain – lain. Asal Tari Rangkuk Alu Berdasarkan situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset…


  • MNC Group: Boleh Nobar Timnas, Asal…

    MNC Group: Boleh Nobar Timnas, Asal…

    MNC Group memberikan klarifikasi terkait viralnya surat larangan yang menyebutkan jika MNC Group melarang mengadakan acara nobar Timnas U-23 yang saat ini masih berlaga di Piala Asia U23 2024. Seperti yang dilansir oleh okezone.com, MNC Group melalui perwakilannya, Syafril Nasution menjelaskan jika sebenarnya MNC Group tidak melarang adanya acara nobar. “Kami MNC Group ingin meluruskan…


  • Moonfall, Bioskop Trans TV Hari Minggu 28 April 2024

    Moonfall, Bioskop Trans TV Hari Minggu 28 April 2024

    Bioskop Trans TV hari Minggu 28 April 2024 ini akan menghadirkan film berjudul Moonfall, yakni sebuah film fiksi ilmiah yang bercerita tentang bulan yang keluar dari orbitnya dan semakin mendekat ke bumi karena adanya campur tangan dari kelompok alien. Film Moonfall yang akan tayang di bioskop Trans TV mulai pukul 21.30 WIB ini dirilis pada…