5 Aturan Jaga Pasien Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19 Yang Harus Diketahui

Photo of author
Penulis Nanyak

Aturan jaga pasien rumah sakit selama masa pandemi Covid-19 ini berbeda dengan aturan jaga pasien rumah sakit sebelum adanya pandemi Covid-19

Jika sebelum adanya Covid-19, penjaga pasien bisa lebih dari satu orang dan bahkan ada di beberapa rumah sakit, penjaga satu pasien bisa satu keluarga bahkan satu kampung, tetapi di masa sekarang hal tersebut tidak bisa dilakukan lagi.

Saat ini rumah sakit di seluruh Indonesia, bahkan mungkin di dunia telah memiliki satu suara yaitu pasien di rumah sakit hanya boleh dijaga oleh satu orang saja.

Itupun masih ditambah dengan beberapa syarat yang cukup ketat yang tidak bisa ditawar dan harus dipatuhi oleh pasien maupun keluarga pasien.

Syarat Penunggu Pasien Rumah Sakit

Apa saja syarat penunggu pasien di runah sakit di masa pandemi covid-19 ini?

Berdasarkan dari himbauan yang ada di Rumah Sakit Lavalette Malang, yang mungkin juga diterapkan oleh rumah sakit-rumah sakit yang lain, setidaknya ada 5 syarat yang harus dipatuhi untuk menjaga pasien rumah sakit.

1. Penunggu hanya 1 orang

Penunggu pasien saat ini hanya boleh dilakukan oleh satu orang saja.

2. keluarga pengantar pasien hanya 1 orang

Sama seperi saat penunggu pasien rawat inap yang hanya dibatasi 1 orang saja, saat mengantar pasien berobat juga hanya boleh diantar oleh satu oang saja.

3. Skrining Badan

Setiap penunggu pasien, pengantar pasien dan semua orang yang keluar masuk rumah sakit wajib melakukan skrining suhu badan oleh petugas yang berjaga di pintu masuk rumah sakit.

4. Cuci Tangan

Sebelum memasuki lobby rumah sakit juga wajib cuci tangan atau membasuh tangan dengan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh pihak rumah sakit.

5. Masker

Setiap penjaga pasien rumah sakit wajib memakai masker ketika berada di lingkungan rumah sakit.

Peraturan setiap rumah sakit mungkin bisa berbeda-beda, tetapi apapun aturannya sebenarnyalah itu untuk kebaikan bersama dan demi kesehatan pasien, tenaga medis maupun keluarga pasien.

  • Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa Jakarta Hari Ini Terjadi Lagi

    Gempa kembali mengguncang Jakarta pada Hari Sabtu (3/12/2022) sore ini. Menurut laporan awal BMKG, Gempa yang melanda Jakarta ini berpusat di Barat Data Kabupaten Garut Jawa Barat dengan magnitude 6,4. Gempa yang berpusat di Garut Dan dirasakan hingga Jakarta ini langsung menjadi trending topic di jagat Twitter.


  • Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store Hadir di MOG Dengan Konsep Baru Yang Menarik

    Levi’s® NextGen Store, Original Levi’s® Store hadir dengan konsep baru yang menarik di Mall Olympic Garden (MOG) Malang yang akan memberikan pengalaman belanja yang berbeda karena memberikan personalisasi bagi konsumen. Refit  Levi’s®  store  di  Malang  ini  adalah  strategi  Levi’s®️  untuk  terus  mengakselerasi  laju  bisnisnya  di Indonesia serta memperluas jangkauan produk dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi ... Read more


  • FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    FOTO: Walikota Batu Dewanti Rumpoko Hadir Untuk Serahkan Hadiah Di Batu Street Food Festival

    Walikota Batu, Dewanti Rumpoko hadir di Batu Street Food Festival (BSFF) 2022 Untuk menyerahkan Hadiah kepada para pemenang lomba fashion show di event tahunan Kota Batu.