5 Aturan Jaga Pasien Rumah Sakit Selama Pandemi Covid-19 Yang Harus Diketahui

Photo of author
Penulis Nanyak

News - Lifestyle - Review - Showbiz - Heritage

Aturan jaga pasien rumah sakit selama masa pandemi Covid-19 ini berbeda dengan aturan jaga pasien rumah sakit sebelum adanya pandemi Covid-19

Jika sebelum adanya Covid-19, penjaga pasien bisa lebih dari satu orang dan bahkan ada di beberapa rumah sakit, penjaga satu pasien bisa satu keluarga bahkan satu kampung, tetapi di masa sekarang hal tersebut tidak bisa dilakukan lagi.

Saat ini rumah sakit di seluruh Indonesia, bahkan mungkin di dunia telah memiliki satu suara yaitu pasien di rumah sakit hanya boleh dijaga oleh satu orang saja.

Itupun masih ditambah dengan beberapa syarat yang cukup ketat yang tidak bisa ditawar dan harus dipatuhi oleh pasien maupun keluarga pasien.

Syarat Penunggu Pasien Rumah Sakit

Apa saja syarat penunggu pasien di runah sakit di masa pandemi covid-19 ini?

Berdasarkan dari himbauan yang ada di Rumah Sakit Lavalette Malang, yang mungkin juga diterapkan oleh rumah sakit-rumah sakit yang lain, setidaknya ada 5 syarat yang harus dipatuhi untuk menjaga pasien rumah sakit.

1. Penunggu hanya 1 orang

Penunggu pasien saat ini hanya boleh dilakukan oleh satu orang saja.

2. keluarga pengantar pasien hanya 1 orang

Sama seperi saat penunggu pasien rawat inap yang hanya dibatasi 1 orang saja, saat mengantar pasien berobat juga hanya boleh diantar oleh satu oang saja.

3. Skrining Badan

Setiap penunggu pasien, pengantar pasien dan semua orang yang keluar masuk rumah sakit wajib melakukan skrining suhu badan oleh petugas yang berjaga di pintu masuk rumah sakit.

4. Cuci Tangan

Sebelum memasuki lobby rumah sakit juga wajib cuci tangan atau membasuh tangan dengan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh pihak rumah sakit.

5. Masker

Setiap penjaga pasien rumah sakit wajib memakai masker ketika berada di lingkungan rumah sakit.

Peraturan setiap rumah sakit mungkin bisa berbeda-beda, tetapi apapun aturannya sebenarnyalah itu untuk kebaikan bersama dan demi kesehatan pasien, tenaga medis maupun keluarga pasien.

  • Gempa Tuban Magnitudo 6,1, Terasa Sampai Malang

    Gempa Tuban Magnitudo 6,1, Terasa Sampai Malang

    Gempa mengguncang Tuban hari ini (Jumat, 22/3/2024) pukul 11.22 WIB. Kekutan gempa yang mengguncang tersebut dirasakan hingga Kota Malang. Selain kota Malang, getaran Gempa Tuban tersebut juga terasa di Surabaya, yang memang secara jarak lebih dekat dengan Tuban. “Info Gempa Mag:6.0, 22-Mar-24 11:22:45 WIB, Lok:5.74 LS, 112.32 BT (132 km TimurLaut TUBAN-JATIM), Kedlmn:10 Km ::BMKG”…


  • Jadwal Buka Puasa Malang Hari Ini, Rabu 13 Maret

    Jadwal Buka Puasa Malang Hari Ini, Rabu 13 Maret

    Jadwal buka puasa di kota Malang hari ini, Rabu 13 Maret 2024 bertepatan dengan Adzan Maghrib hari ini yaitu pada pukul 17.47 WIB. Bagi warga Kabupaten Malang, jadwal buka puasa di kabupaten Malang hari ini pada pukul 17.47 WIB.


  • Sholat Tarawih: Ibadah Di Malam Ramadan yang Penuh Berkah

    Sholat Tarawih: Ibadah Di Malam Ramadan yang Penuh Berkah

    Sholat Tarawih adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Ibadah ini memiliki tata cara tersendiri yang perlu dipahami dengan baik agar pelaksanaannya menjadi sah dan diterima di sisi Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang tata cara sholat Tarawih, waktu pelaksanaannya, bacaan niat beserta artinya,…