3 Resiko Tabung Knalpot Mobil Kropos

Topik:

Tabung knalpot mobil adalah salah satu bagian dari mobil yang mudah kropos karena karat.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena tabung knalpot mobil letaknya ada di bawah mobil, sehingga sangat sulit untuk dibersihkan dari kotoran maupun cipratan air.

Akibat dari sulitnya membersihkan tabung knalpot mobil dari kotoran tanah yang menempel dan juga cipratan air ini akhirnya membuat tabung knalpot lebih cepat berkarat dan akhirnya kropos.

tabung knalpot mobil
tabung knalpot mobil

Tanda Tabung Knalpot Bocor

Tanda paling terlihat jika tabung knalpot mobil Anda mulai terserang karat dan kropos ini paling mudah adalah saat terdengar suara mobil berubah.

Jika saat tabung knalpot masih bagus maka suara mobil akan terdengar halus, kecuali kalau knalpotnya sudah diganti dengan knalpot racing ya.

Tetapi jika tabung knalpot sudah kropos dan mulai berlubang, maka suara halus mobil anda akan berubah menjadi lebih kasar seperti layaknya knalpot racing, tapi suaranya lebih jembreng dan tidak enak didengar.

Resiko Tabung Knalpot Lubang

Jika tabung knalpot berlubang, Nanyak sarankan agar segera dilakukan perbaikan.

Jika tabung knalpot masih utuh, perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan membawang ke tukang knalpot.

Di tukang knalpot, lubang yang ada akan ditambal dengan cara di las.

Tetapi jika kerusakan tabung knalpot sudah parah, maka perbaikan dengan cara menambal ini tidak akan bisa, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan lem biru atau lempar yang lama beli yang baru.

Harga tabung knalpot tergantung dari tipe kendaraan dan besar kecilnya tabung yang dibutuhkan. Jika tabung besar seperti punya mobil Innova atau Kijang, harganya berkisar antara 550.000 sampai dengan 650.000 sudah termasuk dengan ongkos pasang. Tetapi jika tabung knalpotnya kecil, harganya tentu akan lebih murah lagi.

Bagaimana jika tabung knalpot yang sudah kropos tidak segera diganti?

Berdasarkan informasi yang Nanyak peroleh dari tukang knalpot, tabung knalpot berfungsi untuk menjaga performa mobil agar tetap baik, dan jika tabung knalpot yang kropos dan lubang tidak segera diperbaiki, maka akan ada beberapa resiko yang menghantui pemilik mobil, yaitu:

  1. BBM Boros.
  2. Tenaga mobil hilang.
  3. Suara mobil jadi jembreng yang mengurangi kenyamanan.